8 mesjid ter megah di dunia

Delapan Masjid Termegah di Dunia




1. Masjid Al-Haram, Arab Saudi
KEINDAHAN dan kemegahan bangunan suci ini akan membuat Anda berulang kali mengagumi kebesaran Sang Pencipta. Ya, kali ini kami menyajikan delapan masjid termegah di dunia yang terdapat di berbagai negara.
    Nama Masjid Al Haram di Arab Saudi memang bukan hal yang asing bagi umat Islam, khususnya bagi mereka yang sudah menjalankan ibadah wajib haji di tanah suci Mekah.

Masjid terbesar ini dibangun mengelilingi Ka'bah yang merupakan arah kiblat bagi umat Islam yang sedang salat.

Menurut sejarah Islam, Ka'bah (Bakkah) pertama sekali dibuat sejak di zaman Nabi Adam dan dilanjutkan pada masa Nabi Ibrahim beserta anaknya Nabi Ismail yang kemudian menambahkan sebuah masjid besar disekitarnya dengan nama Masjid Al-Haram.

Masjid Al-Haram menempati tanah seluas 4.008.020 meter persegi dan mampu menampung jamaah sebanyak 900 ribu orang.

Jumlah jamaah haji dari seluruh dunia yang datang untuk ibadah terus mengalami penambahan sebanyak 4 juta orang per tahun.

2. Masjid Al-Nabawi, Arab Saudi

 
Add caption
Masjid Al-Nabawi Madinah ini adalah masjid kedua terbesar dan tersuci setelah Masjid Al-Haram di Arab Saudi. Sejarah berdirinya bangunan masjid ini juga tidak terlepas dari perjalanan Nabi besar Islam Muhammad SAW saat menuju ke kota Madinah.

Kapasitas ruang masjid mampu menampung sebanyak 600 ribu jamaah dengan penambahan 1 juta orang per tahun.

 





3. Masjid Al-Aqsa Yerusalem
Al-Aqsa adalah masjid ketiga terbesar dunia di Kota Yerusalem yang merupakan daerah perbatasan antara Palestina dengan Israel. Konsep bangunan masjid terlihat megah dan memiliki kapasitas jamaah Islam sebanyak 400 ribu orang.

Masing-masing tiang kubah menjulang tinggi ke atas sepenjang 37 meter.




 4. Masjid Omar Ali Saifuddin, Brunei




Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin adalah masjid kerajaan Islam yang berpusat di ibukota Kesultanan Brunei Bandar Seri Begawan. Salah satu masjid termegah di dunia ini dibuat secara spektakuler di kawasan Asia Pasifik. Dimana konsep arsitektur modern dipadukan dengan pemandangan cantik sebuah kolam dan perahu kesultanan di bagian depan halaman masjid.

Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin dibuat pada tahun 1958 dan dijadikan sebagai salah satu objek wisata utama di Brunei


 5. Masjid Sultan Ahmed, Turki
.

 

Ikon Negara Turki adalah Istanbul. Selain sebagai kota terbesar, Istanbul juga memiliki masjid termegah dan bersejarah seperti Masjid Sultan Ahmed atau yang dikenal dengan nama Masjid Biru.

Masjid Sultan Ahmed dibangun pada masa pemerintahan Raja Ahmed I (1609-1616), dengan kelengkapan sebuah makam raja, madrasah dan juga rumah sakit. Kapasitas ruang yang tersedia mampu menampung jamaah sebanyak 10 ribu orang.



6. Masjid Taj'ul, India
Meski mayoritas penduduk India beragama Hindu, namun di negara asal Shahrukh Khan ini juga memiliki Masjid Taj'ul yang besar dan sangat indah dimana bangunannya terdiri dari dua lantai yang dilengkapi dengan pilar-pilar besar sebagai penyangga tiga buah kubah besar.

Masjid Taj'ul berada di dekat perairan Kota Bhopal, India.


7. Masjid Istiqlal, Indonesia

 

Add caption
Terlalu mudah rasanya menemukan masjid megah di Jakarta Pusat yang bernama Masjid Istiqlal ini. Masjid Istiqlal adalah masjid terbesar di Asia Tenggara yang memiliki daya tampung jamaah lebih dari 120 ribu orang.

Masjid hasil rancangan arsitek asal Sumatra Utara Frederich Silaban ini berdiri sejak 1961. Selain berada di dekat Monumen Nasional (Monas), Masjid Istiqlal juga dijadikan sebagai kantor Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan kegiatan-kegiatan sosial.

8. Masjid Zahir, Malaysia

 
Add caption
Masjid Zahir adalah masjid megah di Alor Star, Kedah, Malaysia yang menempati lokasi sekitar 11.58.3 meter persegi. Bahkan masjid ini dijadikan sebagai salah satu masjid terbesar dan tertua di Malaysia.

Konsep bangunan masjid sendiri terbagi atas empat area yang masing-masing ditutup dengan kubah. Kubha utama masji berada di sisi utara dan timur bangunan.

0 komentar:

Free Dragon Cursors at www.totallyfreecursors.com