Setelah itu kami bersantap sahur bersama. Kadang ada santri yang tidur sejenak setelah makan sahur sambil menunggu azan Subuh. Makanya, suka ada santri yang susah dibangunkan. Kalau sampai susah dibangunkan seperti itu, kami akan menyiramnya dengan segayung air. Itu sudah tradisi kami. Salat Subuh berjemaah di sini wajib hukumnya," kata Cecep sambil tersenyum.
Dia mengatakan, selama puasa ada tiga santri yang kena siram karena susah dibangunkan untuk salat Subuh. Para santri pun tidak ada yang marah, bahkan yang kena siram sekalipun. Paling para santri itu tertawa akibat kejadian "alarm air" tersebut.
KH Asep Burhanuddin, pemimpin Pesantren Darul Falah sekaligus Rais Syuriah PWNU Jawa Barat, mengatakan berbagai kegiatan keagamaan seperti pengajian yang terbuka  untuk umum dan penambahan kegiatan pengkajian ajaran Islam bagi para santri selalu dilakukan di pesantrennya setiap bulan Ramadan.
"Setiap hari Selasa, pukul 07.00 sampai 09.00 digelar pengajian umum di masjid. Acara ini diikuti oleh 2.000 orang jemaah. Di hari yang sama, pada pukul 09.00 sampai 12.00 digelar acara pengkajian kitab kuning seperti kitab Ihya Ulumuddin. Pengajian kedua ini diikuti oleh 100 kiai dari KBB, Kabupaten Bandung, Cimahi, Kota Bandung, Cianjur, dan Purwakarta," kata Ajengan Asep, sapaan akrab KH Asep Burhanuddin.

0 komentar:

Free Dragon Cursors at www.totallyfreecursors.com